Survei ICRC Sebut Mayoritas Masyarakat DKI Jakarta Puas dengan Kepemimpinan Anies Baswedan

  • Bagikan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (ist)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Ide Cipta Research and Consulting (ICRC) melakukan survei, guna mengukur tingkat kepuasan masyarakat selama 5 tahun kinerja kepemimpinan Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dalam hasil temuannya, mayoritas masyarakat DKI Jakarta mengaku puas dengan kinerja Anies Baswedan.

“Temuan ICRC mendapati bahwa selama 5 Tahun memimpin DKI Jakarta Mayoritas masyarakat puas atas kinerja Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta sebesar 76,9 persen,” kata Direktur Eksekutif Ide Cipta Research & Consulting (ICRC) Hadi Suprapto Rusli dalam keterangannya, Minggu (21/8).

Hadi menjelaskan, alasan utama kepuasaan tersebut tertuju pada faktor-faktor seperti aspek kinerjanya yang dinilai bagus sebesar 26,5 persen, Jakarta lebih rapi 12,6 persen, banyak perubahan 12,6 persen. Selain itu, Anies dinilai pintar 10,4 persen, ramah 9,7 persen, terbukti hasil kerjanya 8,1 persen dan pembangunan JIS 5,8 persen.

Jika mengukur pada aspek penanganan banjir di DKI Jakarta mayoritas publik menilai Anies Baswedan-Riza Patria telah berhasil dalam menangani permasalahan banjir di Jakarta sebesar 59,5 persen.

“Yang mengungkapkan tidak berhasil sebesar 29,3 persen, yang mengungkapkan tidak tahu/tidak jawab sebesar 11,1 persen,” tutur Hadi.

Sebagaimana diketahui, survei ICRC dilakukan pada 20-30 Juli 2022. Metode yang digunakan adalah Stratified random sampling dengan 800 responden dengan margin of error sebesar kurang lebih 3,46 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara via telepon oleh call center dengan menggunakan kuesioner. Responden survei adalah warga Jakarta yang sudah mempunyai hak pilih berdasarkan peraturan yang berlaku, yaitu warga yang minimal berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah pada saat survei dilakukan. (jpg)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan