Ini Perbedaan Tes PCR Cacar Monyet dan Covid-19

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Meski sama-sama terdeteksi melalui tes PCR, sedikit berbeda dengan Covid-19, tes cacar monyet dilakukan dengan mengambil sampel luka atau lesi pada kulit pasien.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril menjelaskan metode Tes pada Covid-19 menggunakan sampel swab melalui hidung dan tenggorokan, sedangkan untuk cacar monyet dengan mengambil sampel pada bagian ruam yang muncul pada kulit pasien.

"Pemeriksaan PCR monkeypox ini berbeda dengan pemeriksaan PCR Covid-19. PCR monkeypox dilakukan dengan swab pada ruam-ruam yang ada di tubuh pasien," katanya dikutip dari laman Sehat Negeriku, Senin (22/8/2022).

Setelah mengetahui perbedaan metode tes PCR pada cacar monyet, ketahui juga terapi perawatan klinis untuk cacar monyet yang harus dioptimalkan sepenuhnya demi meringankan gejala, mengelola komplikasi, serta mencegah gejala sisa jangka panjang. Pasien harus diberi cairan obat dan makanan untuk mempertahankan gizi yang memadai.

Sedangkan untuk saat ini, pemeriksaan PCR untuk cacar monyet, baru dapat dilakukan di dua tempat yaitu di laboratorium rujukan nasional BKPK Kemenkes dan laboratorium Institut Pertanian Bogor (IPB).

Menurut Syahril, saat ini Kemenkes tengah memproses penambahan laboratprium pemeriksaan hasil tes PCR cacar monyet. Serta pihaknya telah mengirim 1.2000 alat tes cacar monyet atau reagent ke sejumlah daerah. Hal ini dilakukan untuk dapat mempermudah dan mempercepat pendeteksian penyebaran virus monkeypox yang terjadi di Indonesia.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan