Tentara Keracunan Jenis Toksin Botulinum Tipe B, Rusia Tuding Ukraina Gunakan Racun

  • Bagikan
Ilustrasi: Tentara Rusia berpatroli di wilayah Ukraina (Alexander Ermochenko/Reuters)

FAJAR.CO.ID, MOSKOW -- Rusia menuduh Ukraina menggunakan racun setelah tentaranya mengalami keracunan jenis toksin botulinum. Tentara Rusia yang keracunan bermarkas di wilayah yang dikuasai Rusia di tenggara Ukraina, Zaporizhzhia. Insiden keracunan terjadi pada akhir Juli lalu.

Sementara, seorang penasihat kementerian dalam negeri Ukraina mengatakan insiden keracunan yang dialami pasukan Rusia kemungkinan karena memakan daging kaleng yang kedaluwarsa. Sejumlah tentara Rusia dibawa ke rumah sakit militer dengan gejala keracunan parah pada 31 Juli.

“Tes menunjukkan zat beracun, toksin botulinum tipe B, ada di tubuh mereka,” kata Kementerian Pertahanan Rusia.

“Mengenai fakta terorisme kimia yang disetujui oleh rezim Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Rusia sedang mempersiapkan bukti pendukung dengan hasil semua analisis,” imbuh Kementerian Pertahanan Rusia.

Tidak disebutkan berapa banyak tentara yang menderita keracunan atau bagaimana kondisi mereka sekarang, untuk menjelaskan bukti pendukung. Hingga kini belum ada kepastian dari atas insiden itu.

Apa itu racun botulinum tipe B?

Toksin botulinum tipe B adalah neurotoksin yang dapat menyebabkan botulisme ketika tertelan dalam produk makanan yang sebelumnya terkontaminasi, tetapi juga dapat digunakan secara medis. Kementerian pertahanan Rusia mengatakan temuannya akan diberikan kepada Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW).

“Bukti terorisme kimia oleh rezim Ukraina akan segera diteruskan secara resmi ke OPCW melalui misi Rusia,” katanya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan