Cegah Cacar Monyet, Dinkes Imbau Masyarakat Biasakan Pakai Ini…

  • Bagikan
Ilustrasi Cacar Monyet

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang mengimbau masyarakat untuk membiasakan diri menggunakan masker.

Salah satu tujuaannya adalah mengantisipasi virus Monkeypox atau cacar monyet.

Dinkes Tangerang menyatakan penerapan protokol kesehatan (prokes) secara disiplin salah satunya dengan memakai masker bisa mencegah munculnya penyakit cacar monyet.

"Untuk mencegah penyebaran cacar monyet kita harus tetap mematuhi protokol kesehatan dengan tetap memakai masker dan cuci tangan pakai sabun serta melakukan PHBS," kata Kabid P2P Dinkes Kabupaten Tangerang, dr. Sumihar Sihaloho, Selasa 23 Agustus 2022.

Menurut dia, penularan cacar monyet bisa terjadi dari manusia ke manusia, maupun dari hewan ke manusia.

Sebab, penyakit ini merupakan zoonosis yaitu penyakit yang menular dari hewan ke manusia.

"Penyakit ini juga menular melalui benda yang terkontaminasi virus Monkeypox. Umumnya, virus masuk ke dalam tubuh melalui kulit yang terluka atau terbuka meski tak terlihat," ujarnya.

"Ini pun bisa masuk melalui saluran pernapasan maupun selaput lendir dari mata, hidung, atau mulut," sambungnya.

Meski begitu, dia mengatakan bahwa hingga saat ini wilayah Kabupaten Tangerang masih zona hijau atau belum ditemukan kasus cacar monyet.

Karenanya, Dinkes tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dengan penyakit cacar monyet.

"Untuk vaksinasi cacar monyet untuk saat ini belum ada, jadi masih menggunakan vaksin untuk virus Smallpox karena setelah dilakukan pengembangan dan penelitian, vaksin jenis ini dapat digunakan untuk pencegahan Monkeypox," tuturnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan