Ingin Bisnis Berkembang? Mulai dari Buat Laporan Keuangan dan Pembukuan yang Rapi Yuk

  • Bagikan
ILUSTRASI. Aplikasi pembukuan keuangan

FAJAR.CO.ID -- Mengapa aplikasi buku kas keuangan atau aplikasi pembukuan keuangan kini sangat diperlukan oleh toko online? Sebelum menjawabnya, pertama-tama, kita akan membahas mengapa akuntansi keuangan adalah hal yang penting baik bagi para pebisnis konvensional maupun pebisnis online.

Mengapa Laporan Keuangan Begitu Penting?

Dengan adanya akuntansi keuangan Anda dapat menghasilkan jenis-jenis laporan keuangan, dan Anda pun bisa menjadikan laporan keuangan tersebut sebagai dasar untuk mengembangkan bisnis online Anda dengan mengambil keputusan dan kebijakan bisnis yang tepat demi kelancaran bisnis.

Bisnis online kini sedang marak dilakukan di Indonesia baik dari sisi penjual maupun dari sisi pembeli. Bisnis online pun melahirkan banyak pengusaha-pengusaha baru yang sukses. Namun kesuksesan sebuah bisnis tidak hanya dihitung dari berapa banyak barang atau jasa yang terjual. Tapi pengusaha juga harus memikirkan bagaimana caranya untuk membuat laporan keuangan untuk menggambarkan kinerja keseluruhan dari usaha yang dijalankan, sehingga penting bagi para pebisnis untuk membuat laporan keuangan, salah satunya adalah laporan laba rugi.

Hampir semua perusahaan besar, kecil, maupun online shop harus memiliki laporan laba rugi. Laporan ini merupakan sebuah laporan yang berisi informasi finansial dari usaha yang telah berlangsung dalam satu periode. Laporan laba rugi dibuat dalam periode tertentu, baik itu periode bulanan, per semester, maupun periode tahunan. Fungsi dari laporan ini untuk mengetahui apakah bisnis rugi atau untung dalam periode tersebut. Jika pengeluaran lebih besar daripada pendapatan, maka bisnis yang anda jalankan dikatakan rugi, tetapi apabila sebaliknya, maka usaha Anda jalankan dalam keadaan untung.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan