KPU Makassar Telah Selesaikan Verifikasi Administrasi 38.347 Anggota dari 24 Partai, Hasilnya…

  • Bagikan
Komisioner KPU Makassar, Gunawan Mashar (foto: Zaki Rifan/Fajar)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar telah menyelesaikan verifikasi administrasi calon partai politik (parpol) Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Diketahui sebelumnya, penyetoran anggota dari 24 calon parpol ini dilakukan di tingkat kota Makassar.

Oleh karenanya, Komisioner KPU Makassar Gunawan Mashar menyebut dari 24 calon parpol itu, telah terdaftar anggota sebanyak 38.347 yang diterima KPU RI.

Gunawan menjelaskan pada saat verifikasi dilakukan, ditemukan banyak keanggotaan telah memenuhi syarat. Namun, terdapat pula keanggotaan yang belum memenuhi syarat (BMS) dan tidak memenuhi syarat (TMS).

"Yang TMS dan BMS ini kasusnya, meliputi ganda identik dalam satu partai politik (semua komponen identitasnya sama), potensi ganda (NIK nya yang sama), dan juga ganda eksternal atau punya keanggotaan di dua partai politik atau lebih," kata Komisioner KPU Makassar, Selasa (23/8/22).

Tidak hanya itu, KPU Kota Makassar juga menemukan adanya anggota berpotensi TSM dikarenakan berprofesi sebagai TNI, ASN, dan Polri. Selain itu, beberapa NIK keanggotaan calon parpol tidak termasuk Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB).

Di satu sisi, terkait adanya perbedaan data di Sipol dengan Kartu Tanda Anggota (KTA) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Gunawan menyampaikan kepada calon parpol bahwa akan ada waktu untuk memperbaiki keanggotaan yang BSM.

"Akan ada masa perbaikan bagi calon parpol untuk memperbaikinya. Perbaikannya berupa penyesuaian data Sipol dengan KTA dan KTP, untuk kasus tertentu dianjurkan mengunggah dokumen pendukung," tutupnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan