Nanas Bisa Gugurkan Kandungan, Mitos atau Fakta?

  • Bagikan
Nanas bisa gugurkan kandungan?

FAJAR.CO.ID -- Mengkonsumsi buah-buahan dianjurkan untuk para ibu hamil karena sebagai tambahan nutrisi ibu dan janin. Tapi ada salah satu buah yang pantang dimakan oleh para bumil yaitu buah nanas.

Katanya, makan buah bersisik itu dapat menyebabkan keguguran apalagi jika mengkonsumsi di awal kehamilan. Benarkah?

Kita perlu ketahui bahwa nanas mengandung enzim bromelain, yang dapat memecah protein dalam tubuh. Enzim ini diketahui berbahaya pada janin karena pada awal kehamilan janin masih terdiri atas sel protein sederhana.

Banyak kepercayaan bahwa makan nanas mampu menggugurkan kandungan. Informasi itu juga tidak sepenuhnya dianggap salah. Pasalnya, bromelain dalam bentuk tablet atau kapsul memang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil karena dapat memicu kontraksi dini, perdarahan abnormal, dan meningkatkan risiko keguguran.

Namun, dosis bromelin dalam satu buah nanas segar utuh sebenarnya tidak cukup tinggi untuk bertindak sebagai obat yang berdampak pada kehamilan.

Enzim ini juga dapat rusak ketika buah nanas diolah menjadi jus. Buah nanas baru mencapai efek menggugurkan kandungan jika ibu hamil mengonsumsi 7–10 buah nanas segar utuh sekaligus.

Jadi, dapat dikatakan bahwa mengonsumsi buah nanas saat hamil dalam jumlah kecil, sebenarnya tidak membawa dampak buruk pada keselamatan janin yang dikandung.

Meski dalam jumlah kecil tidak membahayakan nyawa janin, sebaiknya ibu hamil memang menghindari konsumsi nanas dalam jumlah banyak atau menghindarinya sama sekali jika memiliki perut yang sensitif.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan