Pasien HIV Bisa Kena Cacar Monyet dan Covid-19 Sekaligus, Ini Alasannya…

  • Bagikan
Monkeypox. (Shutterstock)

FAJAR.CO.ID -- Seorang pria di Italia berusia 36 tahun terinfeksi 3 virus penyakit sekaligus. Dia tertular HIV, Covid-19, dan cacar monyet dalam satu waktu bersamaan.

Hal itu menjadi catatan dan peringatan kepada semua populasi bahwa seseorang bisa mengalami koinfeksi atau mengidap virus lebih dari 2 penyakit sekaligus. Diterbitkan pada 19 Agustus 2022, oleh peer-review Journal of Infection, kasus ini menyoroti bagaimana penyakit cacar monyet dan gejala Covid-19 dapat tumpang tindih.

Kasus koinfeksi, pengumpulan anamnestik dan kebiasaan seksual sangat penting untuk menjadi awal diagnosis.

Epidemiolog dari Griffith University Australia Dicky Budiman mengatakan, seseorang dengan penyakit HIV memang rentan tertular berbagai macam virus di dalam tubuhnya. Hal itu karena tubuh pasien HIV mengalami sistem imun yang buruk, sehingga tak kuat menahan serangan penyakit apapun.

“HIV ini adalah satu penyakit yang menyebabkan kondisi tubuh penderitanya menjadi buruk atau lemah dalam merespons ancaman penyakit apapun. Bahkan flu biasa ataupun penyakit ringan buat kita yang sehat maka buat dia, bisa jadi besar masalahnya. Karena sistem imunitas tubuhnya terganggu atau rusak. Itu terganggu dari virus HIV,” kata Dicky kepada JawaPos.com, Selasa (23/8).

Karena itu, kata dia, pasien HIV menjadi rawan dan rentan terhadap semua jenis penyakit. Pasien HIV misalnya rentan terkena infeksi jamur hingga TBC.

“Itu akibat lemahnya sistem tubuhnya, sehingga virus sangat mudah menginfeksi. Virus bereplikasi dan berkembang biak dalam tubuhnya. Sel T dan CD4 lemah sekali. Makanya akhirnya disebut dengan AIDS, satu sindrom yang banyak sekali muncul pada sistem buruk imunitasnya,” katanya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan