Habib Bahar nin Smith Batal Bebas Karena Banding JPU, Husin Shihab: Sabar Dulu Ya

  • Bagikan
Bahar Smith alias Habib Bahar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA--Pegiat media sosial yang memiliki keturunan Nabi Muhammad SAW. Habib Husin Alwi Shihab atau dikenal Habib Husin menyoroti Habib Bahar bin Smith yang belum dinyatakan bebas atas kasus penyebaran berita bohong. Terkait hal itu, ada tudingan juga bahwa terselip upaya pembungkaman.

Hal itu ditanggapi Habib Husin melalui akun Twitter pribadinya. Dalam cuitannya, Habib Husin menepis tudingan tersebut.

Habib Husin juga mengatakan bahwa masyarakat juga bisa menilai proses hukum pada kasus Habib Bahar ada kejanggalan.

"Bukan ada upaya pembungkaman tapi "The Power of Netizen". Semua tau pertimbangan Hakim itu gak logis kalau sebut Bahar sopan. Netizen kita sudah banyak yg sadar hukum, makanya hati-hati kalau mau bikin statement," ungkap Habib Husin melalui akun Twitter pribadi miliknya, Jumat (26/8).

Lanjut, Habib Husin juga menegaskan pada Habib Bahar untuk lebih bersabar.

"Teruntuk Bahar. Sabar dulu ya kalau mau bebas," tandasnya.

Sebelumnya, Habib Husin menyinggung soal tuntutan dari JPU yang dianggap tidak maksimal.

"Harusnya tuntutan JPU itu maksimal dan Hakim menjatuhkan putusan sekurang-kurangnya 2/3 dari tuntutan maksimal," ungkap Habib Husin.

Lanjut, Habib Husin juga menuturkan bahwa JPU juga mesti mengupayakan banding.

"Jika JPU dalam kasus ini menuntut 5 tahun maka putusan Hakim sekurang-kurangnya 2/3 dari tuntutan JPU. Ini kok aneh. JPU mesti ada upaya banding. @KejaksaanRI," ucap Habib Husin.

Sebagai informasi, vonis yang dijatuhkan kepada Bahar sebelumnya lebih rendah dari tuntutan jaksa, yakni 5 tahun atau 60 bulan penjara. Tuntutan itu dibacakan JPU di Pengadilan Negeri (PN) Bandung pada Kamis (28/7).

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan