Rapat di DPR Terkesan Banyak Bercanda, Fahri Hamzah: Rapat Parlemen Itu Rapat Serius

  • Bagikan
Fahri Hamzah (ist)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Wakil Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Fahri Hamzah sarankan Anggota DPR RI melaksanakan rapat sesuai tata tertib. Menurutnya, panggilan “yang terhormat” saat rapat DPR itu penting.

“Anggota @DPR_RI seharusnya membiasakan sebutan dan panggilan yang diatur di dalam TATA TERTIB saja dalam setiap rapat… istilah ‘yang terhormat’ penting agar mereka tau diri..itulah makna panggilan itu..rapat parlemen itu rapat serius.. jangan main2 dan banyak bercanda,” katanya, Jumat, (26/8/2022).

Dalam tradisi pemerintahan demokrasi yang benar kata dia, mereka yang hadir dalam sidang dewan akan merasa bahwa seluruh kerja dan pertanggung jawaban mereka akan dibongkar habis sampai tulang dan isinya. 

“Krn itu mereka sangat serius dan mempersiapkan diri sedini mungkin. Dan sebaliknya,” tambahnya.

Sebaliknya, para anggota dewan yang akan hadir di ruang sidang sudah dipenuhi oleh hasil riset dari pusat riset parlemen yang ada untuk membongkar habis kinerja dari sebuah lembaga negara yang sedang berada di depan mereka sehingga terjawab semua masalah. Demikian seharusnya! 

Lanjut, dia menjelaskan, rapat-rapat pengawasan dewan diselenggarakan dalam rangka memperbaiki kualitas dari kinerja negara dan sekaligus pertanggung jawaban mereka yang diberikan kewenangan dan jabatan dalam tugas dan kewenangan yang mereka miliki serta menggunakan anggaran negara yang tersedia.

“Dewan tidak saja harus serius, tapi harus nampak serius. Tata tertib dewan sudah mengatur penggunaan kata2 dlm sidang yang formal dan standar, tidak boleh terjebak Informalitas seperti panggilan Adinda, kakanda apalagi sayang. semua ini sangat terlarang. sekian dan terima kasih,” pungkas Mantan Wakil Ketua DPR RI ini. (selfi/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan