Fakta Unik Raden Saleh, Pelukis Sang Raja

  • Bagikan
Raden Saleh (int)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Sosok Raden Saleh saat ini menjadi bahan pembicaraan publik. Bagaimana tidak, sosok yang dijuluki Pelukis Sang Raja ini menjadi inspirasi dalam penggarapan film Mencuri Raden Saleh.

Film Mencuri Raden Saleh ini tayang perdana, Kamis (25/8/2022). Sudah 120.000 lebih yang menonton film drama aksi perampokan tersebut.

Namun, ada sosok legenda yang menjadi ikon dalam film itu yakni Raden Saleh. Lantas, siapa sebenarnya Raden Saleh? Berikut fakta-faktanya:

Pionir Seni Modern Indonesia

Raden Saleh alias Raden Saleh Sjarif Boetaman adalah seorang pelukis asal Indoneisa beretnis Arab-Jawa. Saat Indonesia masih menjadi Hindia-Belanda, ialah sosok yang mempionirkan seni modern Indonesia.

Sejumlah penulis dan peneliti menyebutnya sebagai ‘manusia modern’ Jawa pertama yang memiliki pola pikir ala Barat. Ia menghabiskan 25 tahun masa hidupnya di Eropa (Belanda, Jerman, Prancis, Italia, Inggris) dalam pergaulan di kalangan elit aristrokat dan intelektual.

Bergelar Pelukis Sang Raja

Setelah lebih dari dua dekade tinggal di Eropa dan namanya diakui, Raden Saleh kembali ke Hindia Belanda (Indonesia. Dia diberi gelar Pelukis Sang Raja oleh Raja Willem III.Predikat ini pernah dipertanyakan oleh sejarawan Onghokham pada 1994, karena dianggap ganjil. Di masa abad ke-17, Belanda punya pelukis besar seperti Rembrandt.

Asitek dan perancang busana

Selain pelukis, Raden Saleh juga dikenal sebagai kolektor dokumen etnografi dan arkeologi, arsitek, paleontolog, perancang pertamanan, pendiri berbagai taman marga satwa, serta perancang busana.

  • Bagikan