Minum Air Putih 2 Liter Apakah Sudah Cukup? Ini Bahaya Dehidrasi pada Tubuh Manusia

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Dunia kesehatan menyarankan seseorang idealnya minum 2 liter sehari atau minimal 8 gelas. Jika tidak, tubuh akan mengalami dehidrasi. Kondisi dehidrasi ternyata berbahaya untuk kesehatan. Akan tetapi ternyata, ada kondisi tertentu di mana seseorang harus minum lebih dari 2 liter sehari.

Risiko dehidrasi pun meningkat saat kita menghadapi cuaca ekstrem yang tak menentu, seperti saat cuaca panas dan kita kurang minum. Cuaca ekstrem yang melanda akhir-akhir ini ternyata juga dapat mempengaruhi kualitas air. Mengkonsumsi air yang tercemar bakteri, logam berat, senyawa kimia, pestisida, dan organik, dapat membahayakan kesehatan.

“Survei menyatakan bahwa penduduk Indonesia masih kurang minum, kebiasaan ini dapat meningkatkan resiko kesehatan. Di tengah rendahnya tingkat asupan air minum keluarga Indonesia, ancaman kesehatan pun semakin meningkat akibat cuaca ekstrem yang kita alami saat ini. Kenaikan suhu bumi tidak hanya berdampak pada naiknya temperatur bumi tetapi juga mempengaruhi kualitas dan kuantitas air,” kata Arif Mujahidin dari Danone Indonesia dalam webinar baru-baru ini.

Senior Brand Manager Danone-AQUA Flora Tobing mengatakan tak hanya sekadar minum, tetapi penting memenuhi asupan air minum dengan air minum yang terjamin kualitasnya. Salah satunya adalah murni dari alam dan prosesnya tidak tersentuh tangan manusia terlindungi dari pencemaran.

Manfaat Minum Air

Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG) Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi, Sp.GK, menambahkan bahwa salah satu kunci penting untuk menjaga kesehatan terutama dalam menghadapi cuaca yang tak menentu seperti sekarang ini adalah dengan memenuhi kebutuhan asupan air minum. Selain jenis kelamin dan usia, faktor lain yang dapat mempengaruhi kebutuhan air adalah suhu, kelembaban dan lingkungan.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan