Apa Itu Payroll serta Fungsinya bagi Pengusaha dan Pekerja

  • Bagikan
Ilustrasi payroll. net

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Payroll merupakan sistem penggajian yang dilakukan perusahaan atau pemberi kerja kepada karyawannya dalam jangka waktu tertentu.  Sistem penggajian tersebut dikatakan sebagai sistem penggajian modern. Bagian HR merasakan kemudahan dari diterapkannya sistem payroll di perusahaan. Adanya hal ini bisa mengefisienkan proses pembayaran karyawan yang jumlahnya ratusan bahkan ribuan.

Dilansir dari Investopedia, payroll adalah sistem pembayaran atau penggajian yang dilakukan oleh perusahaan kepada karyawan dalam jangka waktu tertentu.

Banyak yang mengatakan bahwa sistem payroll merupakan sistem penggajian yang lebih modern di zaman sekarang. Payroll memudahkan bagian administrasi atau HR dari suatu perusahaan dalam memberikan gaji kepada seluruh karyawan di setiap bulannya.

Terlebih, bagi perusahaan berskala besar yang memiliki jumlah karyawan hingga ratusan atau bahkan ribuan. Tampaknya, sangat sulit jika menghitung secara manual saat memberikan gaji kepada karyawan.

Dalam sistem payroll, nantinya karyawan akan diberikan detail mengenai komponen gaji yang diberikan oleh perusahaan. Misalnya, uang lembur, uang makan, tunjangan transportasi, potongan pajak, dan BPJS.

Dengan demikian, hal ini juga membantu karyawan, utamanya karyawan baru, dalam memahami setiap detail gaji mereka per bulan.

Mengenal Payroll dan 5 Manfaat Bagi Pemberi Kerja dan Penerima Gaji

Di dalam sistem payroll, karyawan bisa tahu rincian dari setiap gaji yang diterima. Misalnya, uang lembur, uang makan, tunjangan transportasi, potongan pajak, dan BPJS. Payroll software Indonesia tersebut biasanya otomatis terintegrasi dengan sistem absensi dan cuti karyawan, sehingga setiap karyawan akan secara otomatis mendapat potongan gaji apabila tidak masuk kerja. Biasanya dengan sistem penggajian tersebut, gaji didapatkan sekitar tanggal 23-27.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan