Gancet Alias Penis Tersangkut di Vagina, Dokter Boyke Beberkan Faktanya

  • Bagikan
Seksolog, Dokter Boyke (foto: Instagram)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian orang khususnya orang dewasa tentu pernah mendengar istilah gancet. Istilah gancet dalam dunia medis dikenal sebagai penis capticus, atau kondisi dimana organ intim pria tersangkut di dalam vagina.

Dokter spesialis obstetri dan ginekologi dr Boyke Dian Nugraha mengatakan bahwa gancet sampai membuat penis benar-benar tidak bisa lepas merupakan mitos.

"Biasanya ini dipakai untuk menakut-nakuti anak muda biar tidak melakukan hubungan seks sembarangan. Tapi itu tidak benar kalau tidak bisa lepas," kata Boyke dilansir pada Senin (29/8/2022).

Menurut Boyke, apabila penis tersangkut di vagina dan tidak bisa lepas, efeknya kemungkinan besar hanya sementara. Apabila kedua pasangan rileks dan menunggu beberapa waktu, otot-otot akan rileks dengan sendirinya.

"Tidak mungkin penis itu tidak dapat lepas karena vagina itu licin (lubrikasi) dan saat penis mengecil pasti lepas. Secara medis tidak mungkin terjadi gancet kecuali ada hal yang di luar nalar," tegasnya.

Dokter spesialis kulit dan kelamin di RSUD Purwokerto, dr Ismiralda Oke Putranti, menyebut salah satu penyebab terjadinya gancet adalah kondisi yang disebut vaginismus, di mana vagina menutup tanpa sadar karena kejang otot di dasar panggul.

"Pada vaginismus terjadi kejang/spasme otot dasar panggul dan dinding vagina secara mendadak terhadap sesuatu yang penetrasi ke dalam vagina. Hanya saya kejadian gancet ini relatif jarang terjadi, karena jika seorang wanita memang mengalami vaginismus, penetrasi sulit terjadi," jelasnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan