Anies Ngomong Hormati Pemberhentian Dirinya, Ruhut Tertawa Puas Sindir Begini

  • Bagikan
Ruhut Sitompul

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Anies Baswedan menghormati proses pemberhentian dirinya sebagai gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022.

Berdasarkan pasal 79 ayat 1 Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah menegaskan bahwa pemberhentian kepala daerah dan atau wakil kepala daerah diumumkan oleh pimpinan DPRD kepada Presiden melalui Menteri Dalam Negeri untuk gubernur dan wakil gubernur..

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menyebut pembahasan sosok penjabat atau Pj gubernur DKI Jakarta baru dibahas pada September 2022.

"Kami hormati semua proses sebagaimana juga proses-proses lainnya," ucap Anies di Balai Kota Jakarta, Senin, 29 Agustus 2022.

Menanggapi sikap Anies tersebut, Politikus PDI Perjuangan, Ruhut Sitompul tertawa sejadi-jadinya. Ia seolah puas jabatan Anies akan berakhir pada Oktober mendatang.

Ruhut menyatakan, Anies tidak siap merelakan jabatannya berakhir sehingga membangun narasi bahwa dia diberhentikan. Padahal mengacu pada undang-undang, jabatan Anies memang telah berakhir setelah 5 tahun menjabat.

"Ha ha ha nggak siaaaaaaap masa jabatannya selesai, eh ngomongnya PEMBERHENTIAN nggak ada yang memberhentikan," sahut Ruhut di Twitter, dikutip pada Selasa (30/8/2022).

Menurutnya, bukan hanya Anies yang selesai, tapi juga kepala-kepala daerah yang telah menjabat 5 tahun juga akan diganti.

"Dan begitu juga Gubernur-gubernur di Provinsi lainnya yang sudah diganti jadi memang jabatannya sudah selesai masa jabatan ga’benar lima tahun tolong jangan gagal paham MERDEKA," serunya. (dra/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan