Komentari Sikap Kamaruddin Simanjuntak soal Rekonstruksi Pembunuhan Brigadir J, Desmond J Mahesa: Pengacara Tahu Apa Sih?

  • Bagikan
Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Desmond J Mahesa. (Antara)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Desmond J Mahesa menyarankan agar pengacara Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadi J, Kamaruddin Simmanjuntak tidak meributkan terus hal-hal yang tidak subtansi. Politikus Gerindra itu meminta Kamaruddin tidak berlebihan.

Hal itu disampaikan Desmond merespons pernyataan Kamaruddin yang berencana melaporkan Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Pol Andi Rian Djajadi ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Komisi III DPR, karena tidak diizinkan masuk mengikuti rekonstruksi kasus Brigadir J.

“Pertanyannya jangan berlebihan juga rekonstruksi ada yang disembunyikan atau tidak, pengacara tahu apa sih?” kata Desmond di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (30/8).

Menurut Desmond, penasihat hukum harusnya memahami, bila diperkenankan mengikuti rekontruksi maka harus ikuti secara seksama. Namun jika tidak diizinkan, tidak ada yang signifikan diikuti oleh pengacara.

“Kalau diperbolehkan silakan. kalau tidak diperbolehkan, bagi saya juga tidak terlalu signifikan. Lihat saja proses peradilannya malah menurut saya kalau ada hal-hal yang tidak wajar pada proses peradilan nanti pengacara bisa mempermasalahkan rekonstruksi itu,” ucap Desmond.

Politikus Partai Gerindra ini pun meminta, Kamaruddin tidak terus meributkan hal-hal di luar konteks perkara. Apalagi, hal-hal yang bukan subtansi sehingga malah dijadikan perbincangan.

“Menurut saya jangan ribut-ribut terus lah urusan yang bukan subtansi ada hal yang lebih penting dari persoalan itu bagaimana institusi kepolisian itu ke depan lebih baik daripda kondisi hari ini. Dalam kasus Sambo kan keliatan berapa buruknya institusi kepolisian, masa kita terjebak pada hal-hal yang bukan memperbaiki institusi kepolisian,” pungkas Desmond. (jpg/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan