Eks Kepala Satpol PP Makassar Dituntut Hukuman Mati, Otaki Pembunuhan Anggota Dishub

  • Bagikan
Kasatpol PP Makassar, Iqbal Asnan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Iqbal Asnan, eks Kepala Satpol PP Makassar dituntut hukuman mati oleh jaksa penuntut umum (JPU) di Pengadilan Negeri Makassar, Rabu (31/8/2022). Dia diyakini melakukan pembunuhan berencana terhadap anggota Dishub Makassar, Najamuddin Sewang.

Selain Iqbal Asnan, jaksa juga menuntut hukuman mati terhadap tiga orang terdakwa lainnya karena ikut melakukan pembunuhan berencana terhadap Najamuddin Sewang dengan cara ditembak.

Ketiga terdakwa lainnya yakni Sulaiman, Asri, dan Chaerul Akmal, yang diduga telah dengan sengaja dan bersama-sama merencanakan menghilangkan nyawa Najamuddin Sewang.

“Menyatakan terhadap keempat terdakwa pada kasus ini, telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah. Melakukan tindak pidana pembunuhan secara berencana,” sebut Asrini Maya As’ad, jaksa dari Kejaksaan Negeri Makassar, dalam sidang di Pengadilan Negeri Makassar, Rabu (31/8/2022).

Iqbal Asnan Cs dikenakan dakwaan primer melanggar pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana, dengan ancaman pidana hukuman mati atau minimal seumur hidup, Juncto pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Dan untuk dakwaan subsider, para terdakwa didakwa melanggar pasal 338 KUHP tentang pembunuhan diancam 15 tahun penjara.

Sidang perdana tersebut dipimpin Majelis Hakim Pengadilan Negeri Makassar, Johnicol Sine.

Iqbal Asnan terlihat datang ke Pengadilan Negeri Makassar menggunakan kursi roda dengan mendapatkan pengawalan ketat dari petugas.

Sakit Hati Hingga Rencanakan Pembunuhan

Iqbal Asnan, mantan Kasatpol PP Makassar diketahui sakit hati melihat adegan Rachmawati dengan pegawai Dinas Perhubungan (Dishub) Makassar, Najamuddin Sewang.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan