Komisi V DPR Soroti Kecelakaan Maut Bekasi, Tingkatkan Pemeriksaan Uji Kir

  • Bagikan
Anggota Komisi V DPR RI, Hamka B Kady

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Kecelakaan maut di jalan raya kembali terjadi. Kecelakaan terbaru yang mencuri perhatian adalah melibatkan truk trailer pengangkut barang yang terjadi di Jalan Sultan Agung, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi, Jawa Barat pada Rabu 31 Agustus 2022.

Insiden tersebut mengakibatkan 30 orang luka-luka, 10 diantaranya meninggal dunia. Korban terbanyak berstatus pelajar sekolah dasar (SD), karena pada saat itu sedang jam istirahat dan pulang sekolah.

Berdasarkan data dari Korlantas Polri yang dipublikasikan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), kecelakaan lalu lintas pada tahun 2021 telah menewaskan 25.266 korban jiwa dengan jumlah korban luka berat sebanyak 10.553 orang dan korban luka ringan 117.913 orang.

Hal ini menjadi atensi serius Anggota Komisi V DPR RI Hamka B Kady. Politisi Golkar ini mengimbau agar kendaraan berat dengan muatan berton-ton untuk meningkatkan uji kir atau uji berkala guna menghindari Kecelakaan lalu lintas.

"Tingkatkan pemeriksaan Uji kir terhadap kendaraan truk besar atau truk tronton," imbaunya saat dihubungi, Jumat (2/9/2022).

Uji kir ini wajib hukumnya untuk mobil berpenumpang umum, bus, mobil barang, kereta gandengan, dan kereta tempelan yang dioperasikan di jalan.

Aturan ini tertulis dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) Pasal 53 ayat 1.

Lalu pada ayat 2, pengujian berkala tersebut meliputi kegiatan pemeriksaan dan pengujian fisik, serta pengesahan hasil uji.

"Uji kir sangat perlu dilakukan untuk menunjukkan kelayakan kendaraan. Ini harus benar-benar diperhatikan," tegas Hamka.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan