Sri Mulyani Menilai Subsidi BBM Masih Dinikmati Pemilik Mobil

  • Bagikan
Foto : Iwan Tri wahyudi/ FAJAR INDONESIA NETWORK :

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah resmi menaikkan harga BBM bersubsidi. Kebijakan ini mulai berlaku pada Sabtu 3 September 2022 pukul 14.30 WIB.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut meskipun harga BBM sudah dinaikkan, subsidi tetap dinikmati oleh orang yang memiliki mobil.

"Dana subsidi ini memang masih akan dinikmati oleh mereka yang punya mobil. Jadi memang subsidi yang melalui komoditas seperti BBM, tidak bisa dihindarkan pasti dinikmati oleh kelompok yang memiliki kendaraan yang mengkonsumsi subsidi tersebut," kata Menkeu Sri Mulyani di Istana Merdeka Jakarta, Sabtu, 3 September 2022.

Polri Temukan CCTV yang Akan Ungkap Kasus Kematian Brigadir J
Pemerintah, lanjut Sri Mulyani, untuk menciptakan keadilan yang lebih baik kepada kelompok 40 persen ekonomi terbawah di Indonesia maka memberikan bantuan sosial (bansos).

"Tadi yang oleh Bu Risma 20,67 juta itu adalah 30 persen masyarakat termiskin kemudian yang dari ibu Menaker untuk 16 juta itu kira-kira bisa meng-cover hampir mendekati 50 persen masyarakat yang dalam posisi ekonomi terbawah," jelasnya.

Pemerintah telah mengalokasikan bantuan sosial sebesar Rp24,17 triliun dari pengalihan subsidi BBM untuk bantuan sosial dalam tiga jenis bantuan.

Pertama, Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk 20,65 juta kelompok masyarakat sebesar Rp150 ribu sebanyak empat kali, dengan total anggaran Rp12,4 triliun.

Kedua, bantuan subisidi upah sebesar Rp600 ribu kepada 16 juta pekerja dengan gaji maksimum Rp3,5 juta per bulan yang dibayarkan satu kali dengan anggaran Rp9,6 triliun.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan