Jokowi Naikkan BBM, Ahmad Riza Patria Komentar Begini

  • Bagikan
Ilustrasi: Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Istimewa)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengomentari kenaikan bahan bakar minyak (BBM) yang diumumkan oleh Presiden Joko Widodo.

Menurut Riza, alasan kenaikan BBM yang disebutkan oleh pemerintah pusat cukup wajar. Salah satunya karena dampak perang Rusia dan Ukrania.

“Pemerintah sudah mengumumkan karena dampak krisis, tidak ada negara mana pun di dunia ini yang tidak mengalami krisis,” ucap Riza di Balai Kota DKI, Senin (5/9).

Selain itu, anggaran subsidi dan kompensasi BBM 2022 telah meningkat tiga kali lipat dari Rp 152,5 triliun menjadi Rp 502, triliun. Selama ini, kata dia, subsidi dari pemerintah pusat hanya dinikmati oleh masyarakat menengah ke atas.

“Tidak ada pilihan bagi pemerintah pusat kecuali menaikan. Namun, diiringi dengan bantuan langsung tunai kepada masyarakat,” kata dia.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun hanya menuruti kebijakan pemerintah pusat.
Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta itu meminta masyarakat maupun mahasiswa yang berunjuk rasa untuk tidak anarkis.

“Kami hanya minta kepada masyarakat Jakarta mari sikapi semua ini secara baik, secara bijak, kenaikan BBM ini,” tambahnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan kenaikan bahan bakar minyak (BBM) hari ini, Sabtu (3/9) lalu.

"Pemerintah sudah berusaha sekuat tenaga untuk melindungi masyarakat dengan subsidi. Keputusan dalam situasi sulit ini adalah pilihan terakhir pemerintah yaitu mengalihkan subsidi BBM," ungkap Jokowi dalam konferensi pers di Istana Negara, Jakarta, Sabtu. (jpnn/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan