Pecinta Otomotif Perlu Tahu, Penyebab Rem Mobil Ngempos Sampai Masuk Angin

  • Bagikan
Rem Mobil

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Rem adalah bagian terpenting dari setiap kendaraan tak terkecuali mobil. Ini membutuhkan perawatan ekstra agar tetap berfungsi dengan baik.

Bagi pemilik atau pengendara mobil harus merawat ataupun memeriksa setiap harinya sebelum beraktivitas menggunakan kendaraan roda empatnya.

Salah satu caranya adalah dengan menekan pedal rem. Yang bisa menjadi informasi awal apakah rem mobil berfungsi dengan baik atau perlu ada perbaikan.

Jika pedal rem terasa sangat ringan dan terlalu dalam, maka itu bisa disebut dengan rem ngempos atau masuk angin.

Yang dimana salah satu penyebabnya adalah minyak rem yang berkurang sehingga daya tekan tidak maksimal dan membawa angin masuk ke dalam saluran rem.

Dikutip dari Suzuki.co.id ada beberapa cara menghindari rem mobil ngempos atau masuk angin.

  1. Efek dari anti Lock Braking System (ABS)

Mobil saat ini telah dilengkapi dengan sistem pengereman ABS yang bertujuan untuk mencegah ban terkunci ketika melakukan pengereman mendadak.

Sistem ABS membuat pengereman terasa ngempos karena karena saat pedal diinjak maka minyak rem akan tertekan dan melewati pompa ABS terlebih dahulu.

Pompa ABS akan mengeluarkan tekanan pada pedal rem ketika mobil belum bergerak, yang mana suara pompa akan terdengar oleh pengemudi saat melakukan penegreman.

  1. Udara masuk ke sistem hidrolis rem.

Yang kedua ada penyebab yang paling sering di jumpai dikarenakan masuknya angin pada sistem hidrolis rem.

Pengereman mobil memanfaatkan sistem hidrolis untuk memompa minyak rem ke kaliper.

Jika volume minyak rem dalam reservoir berkurang, maka gelembung udara akan masuk ke saluran rem. Udara tersebut yang menjadi sumber penyebab rem terlalu dalam ketika diinjak.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan