Topan Hinnamnor Terjang Korea Selatan, Begini Kerusakan yang Ditimbulkan

  • Bagikan
Terjangan topan Hinnamnor menyebabkan kerusakan di sejumlah gedung di Korsel (Reuters)

FAJAR.CO.ID, SEOUL -- Badai siklon terkuat tahun ini dengan kekuatan super yakni Topan Hinnamnor menerjang Korea Selatan, Selasa (6/9). Topan tersebut tiba di Korea Selatan setelah sebelumnya melanda Jepang.

Terlihat dalam sejumlah foto, topan itu menerjang daerah pesisir menyebabkan ombak meluap sampai ke daratan. Curah hujan lebat dan angin kencang menyebabkam kerusakan sejumlah rumah yang berada di pantai selatan. Khawatir akan tanah longsor dan banjir, para pejabat mengevakuasi sekitar 3.500 orang. Khususnya di kota di pulau Geoje.

Topan bergerak dengan kecepatan 54 km/jam ke arah utara, menimbulkan ombak besar dan menyebabkan hujan lebat dan banjir. Sejauh ini tidak ada korban yang dilaporkan.

Presiden Korsel Yoon Suk-yeol sudah menetapkan status darurat menghadapi topan Hinnamnor, yang diukur sekuat topan Maemi yang menghancurkan pada 2003. Akibat topan tersebut, perjalanan kereta dibatalkan. Ratusan penerbangan tak beroperasi. Sementara bisnis serta sekolah tutup lebih awal.

Sementara itu, Korea Utara juga bersiap menghadapi badai akibat topan Hinnamnor. Pemimpin Kim Jong Un telah mengadakan pertemuan guna mencegah terjadinya bencana selama dua hari.

Para pejabat mengatakan topan Hinnamnor sudah meninggalkan Korea Selatan di lepas pantai Ulsan pada Selasa (6/9) pagi dan menyebabkan kehancuran akibat badai. Badai juga menyebahkan suhu permukaan laut naik beberapa derajat di atas rata-rata. (jpg/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan