Upaya Kurangi Perubahan Iklim, Setpres Klaim Seluruh Istana Kepresidenan Telah Gunakan Energi Terbarukan

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID -- Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengklaim seluruh Istana Kepresidenan saat ini telah menggunakan Energi Baru Terbarukan (EBT) sebagai sumber energi. Hal itu menurutnya sebagai upaya menjadikan istana sebagai gara terdepan mengurangi krisis iklim.

Hal tersebut ditandai dengan penyerahan Renewable Energy Certificate (REC) dan Dukungan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KLBB) oleh PT PLN (Persero) kepada lima Istana Kepresidenan, yang dipusatkan di Halaman Kantor Sekretariat Presiden, Jakarta, Selasa (6/9/2022).

“Sekretariat Presiden selalu mendukung tuntutan-tuntutan dunia yang berubah yaitu salah satunya harus menggunakan listrik yang terbarukan renewable energy,” kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono dalam sambutannya di Halaman Kantor Sekretariat Presiden, Jakarta, Selasa (6/9/2022).

Selain menyampaikan komitmennya bahwa Sekretariat Presiden akan berkomitmen untuk terus beradaptasi dalam menghadapi perubahan dunia, Heru juga bilang hal ini agar Istana Kepresidenan menjadi salah satu garda depan dalam pemanfaatan EBT guna menghadapi perubahan iklim serta mewujudkan transisi energi bersih.

Heru berharap pemanfaatan EBT ini juga dapat diikuti oleh lembaga pemerintahan yang lain untuk turut serta dalam memerangi perubahan iklim yang tidak terduga terjadi lebih cepat.

“Tentunya kita juga lebih cepat lagi mengubah behavior, salah satunya adalah menggunakan energi baru terbarukan,” lanjutnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo turut memberikan apresiasi atas inisiasi yang dilakukan oleh Sekretariat Presiden dalam pemanfaatan EBT. Menurutnya, Istana Kepresidenan akan menjadi contoh yang luar biasa terhadap penggunaan energi baru terbarukan.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan