Baku Tembak dengan Militan Taliban, 5 Tentara Pakistan dan 4 Pejuang Tewas

  • Bagikan
Ilustrasi. (int)

FAJAR.CO.ID -- Pakistan mengklaim 5 tentaranya dan sedikitnya 4 pejuang tewas dalam baku tembak di barat laut negara itu. Kelompok Taliban Pakistan menuduh militan Taliban di Afghanistan melanggar gencatan senjata.

Ada 2 kelompok yakni Taliban Pakistan dan Taliban Afghanistan. Taliban Pakistan yang dikenal dengan Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP) mengumumkan gencatan senjata tanpa batas pada Juni untuk memfasilitasi pembicaraan damai yang ditengahi oleh Taliban Afghanistan. Akan tetapi, baru-baru ini terjadi bentrokan meski kedua belah pihak mengatakan gencatan senjata masih berlangsung.

Dalam bentrokan terakhir pada Senin (5/9), militer Taliban Pakistan menyerbu sebuah tempat persembunyian di Boyya, Waziristan Utara yang berbatasan dengan Afghanistan. Ini merupakan informasi intelijen.

“Aksi tembak-menembak yang intens terjadi antara pasukan kami sendiri dan teroris,” kata militer Taliban Pakistan dalam sebuah pernyataan.

Dikatakan 4 pejuang tewas. Sementara 5 tentara, termasuk seorang perwira, juga tewas. Mereka disebut mati syahid.

“Pemerintah tidak menghormati komitmennya mengenai gencatan senjata,” kata komandan Taliban Pakistan kepada kantor berita AFP.

Perlu diketahui, Taliban Pakistan dan Taliban Afghanistan berebut wilayah. Waziristan Utara dan bekas wilayah suku lainnya di barat laut Pakistan adalah basis bagi Taliban Pakistan dan kelompok bersenjata lainnya. Serangan sesekali terus berlanjut, meningkatkan kekhawatiran Taliban berkumpul kembali di daerah tersebut.

Sejak Taliban kembali berkuasa di Afghanistan tahun lalu, Islamabad secara teratur mengeluhkan serangan oleh Taliban Pakistan. Taliban Pakistan dan Afghanistan adalah kelompok yang terpisah tetapi memiliki ideologi yang sama.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan