Dilaporkan Jatuh, Pesawat TNI AL Ditemukan di Selat Madura Kedalaman 10-15 Meter

  • Bagikan
Ilustrasi. (int)

FAJAR.CO.ID -- Pesawat udara milik TNI Angkatan Laut (AL) dikabarkan jatuh pada Rabu (7/9) siang. Anggota Koarmada II kini tengah menyelamatkan awak pesawat.

Kepala Dinas Penerangan Letkol Asep dalam keterangan resminya memastikan bahwa Koarmada II ikut turun dalam penyelamatan tersebut.

"Telah terjadi musibah kecelakaan jatuhnya pesawat udara (pesud) jenis G-36 Bonanza T-2503 milik TNI Angkatan Laut yang jatuh di Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS),” tulis Asep.

Pesawat tersebut mengalami kecelakaan saat melaksanakan latihan dengan KRI-KRI di jajaran Koarmada II. ”Penyebab jatuhnya pesawat T-2503 masih belum diketahui,” jelas Asep.

Asep memastikan upaya penyelamatan terus dilakukan. TNI Angkatan Laut mengerahkan 7 KRI, 1 Pesud CN235, 2 helikopter, 2 KAL, 2 Tim Kopaska, dan 2 Tim Penyelam.

"Kegiatan SAR dipimpin langsung oleh Pangkoarmada II dan Komandan Guspurla Koarmada II,” ucap Asep.

Pesawat tersebut dikethaui jatuh di Selat Madura, Jawa Timur (Jatim).

Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Danpuspenerbal) Laksamana Muda TNI Dwika Tjahja Setiawan menyebut pihaknya sudah mendapatkan titik diduga keberadaan pesawat latih yang jatuh tersebut.

"Info dari Pangkoarmada dua yang langsung di lapangan melaporkan bahwa diduga titik yang ditemukan ini mudah-mudahan bangkai pesawat tersebut karena selain kita menggunakan alat peralatan sonar yang ada di kapal, itu menampilkan wujud atau siluet bentuk badan pesawat," kata Dwika di Mabes AL, Cilangkap, Rabu (7/9/2022).

Kendati demikian, Dwika masih belum memastikan kondisi dua kru yang berada di dalam pesawat. Sebab, alat sonar hanya bisa menampilkan siluet pesawat.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan