Baru Dilantik sebagai MenpanRB, Skandal Masa Lalu Azwar Anas Kembali Dibahas Netizen

  • Bagikan
Azwar Anas Jadi Menpan RB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Jokowi telah resmi melantik pengganti almarhum Tjahjo Kumolo sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) pada Rabu (7/9/2022).

Abdullah Azwar Anas adalah MenPAN-RB baru menggantikan Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia Jumat (1/7/2022)  pukul 11.10 WIB di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta.

Sebelumnya, tugas tersebut diemban oleh Tito Karnavian Menteri Dalam Negeri  yang kemudian ditunjuk sebagai Menteri PAN-RB interim terhitung 4-15 Juli 2022.

Setelah itu, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Kemananan (Menkopolhukam) Mahfud MD  sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri PAN-RB hingga ada pejabat yang ditunjuk. 

Diketahui, Azwar pernah menjadi anggota MPR dan DPR RI.

Selain itu, ia adalah mantan Bupati Banyuwangi dua periode pada tahun 2010-2015 diusung PKB dan periode 2016-2021 yang diusung PDI Perjuangan.

Setelah itu ia menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP) sejak Januari 2021.

Namun, kembali ke tahun 2018. Saat itu Azwar Anas pernah tersandung skandal 'paha mulus'. Beredar beberapa foto diduga dirinya dengan tampilan senonoh.

Saat itu, ia sudah siap untuk mencalonkan diri sebagai wakil Gubernur Jawa Timur bersama Syaifullah Yusuf.

Namun, ia akhirnya tidak jadi maju ke pilkada. Saat itu ia juga mengatakan bahwa itu hanya isu dari alwan politiknya dan sebagai pembunuhan karakter.

Merespon skandal masa lalunya Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP Bambang Wuryanto menilai hal tersebut telah diabaikan.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan