6 Manfaat Liburan yang Sayang Jika Dilewatkan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID -- Liburan adalah waktu bagi seseorang untuk melakukan cuti singkat dari pekerjaan dan tugas tertentu dengan tujuan relaksasi, melakukan perjalanan rekreatif atau berwisata, atau berkumpul bersama keluarga atau melakukan hobi.

Sehingga liburan itu memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan. Berikut penjelasannya dirangkum dari beberapa sumber.

  1. Meredakan stres
    Meluangkan waktu untuk berlibur dan istirahat sejenak dari berbagai tekanan kehidupan sehari-hari bisa memberikan waktu istirahat dan tidur yang Anda butuhkan. Oleh karena itu, tak mengherankan jika liburan bisa membantu meredakan stres, bahkan mengurangi risiko depresi.
  2. Meningkatkan fungsi otak
    Terlalu banyak pekerjaan yang dijalani setiap hari, apalagi dengan waktu istirahat yang sedikit, dapat berpengaruh terhadap fungsi otak. Penelitian menunjukkan bahwa dengan meluangkan waktu untuk berlibur, dapat menyegarkan pikiran dan membantu otak berfungsi dengan baik kembali, sehingga menjadi lebih fokus, produktif, dan berenergi.
  1. Memperkuat imunitas tubuh
    Bekerja terlalu keras atau stres yang disebabkannya dapat membuat tubuh melepaskan hormon yang melemahkan sistem kekebalan atau imun. Akibatnya, lebih mudah terkena flu atau bahkan kondisi yang lebih serius, seperti irritable bowel syndrome.
  2. Meningkatkan kesehatan jantung
    Berlibur bisa menurunkan risiko penyakit jantung koroner, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi. Bahkan, dalam studi lain disebutkan bahwa liburan staycation di rumah, yang tentunya tidak memerlukan banyak biaya dan persiapan, dapat memperbaiki kontrol gula darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).
  3. Panjang Umur
    Meluangkan waktu untuk liburan juga disinyalir membuat seseorang lebih berumur panjang. Hal ini dikarenakan orang yang menyempatkan diri untuk me-refresh tubuh dan pikirannya lebih besar kemungkinannya terhindar dari penyakit-penyakit kronis.
  4. Merangsang Kreatifitas
    Selain membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Liburan juga bisa memberikan ide-ide baru dan meningkatkan kreatifitas seseorang. Dengan bepergian ke tempat baru dan bertemu orang-orang baru kita akan mendapat banyak inspirasi baru juga.

Bahkan, riset menunjukkan bahwa manfaat liburan ini dapat bertahan hingga 5 minggu setelah liburan. Manfaat ini juga tidak terbatas untuk liburan yang panjang, liburan singkat dan sederhana pun bisa memberikan dampak yang besar terhadap pemulihan ketegangan yang dirasakan sehari-hari. (fajar/sam)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan