70 Tahun Bertakhta, Ratu Elizabeth II Pecahkan Delapan Rekor sebagai Pemimpin Negara

  • Bagikan
Ratu Elizabeth II semasa hidup (AFP)

FAJAR.CO.ID, LONDON -- Ratu Elizabeth II memecahkan berbagai rekor dalam 70 tahun bertakhta. Penguasa monarki Inggris yang berkuasa paling lama dalam sejarah kerajaan itu setidaknya memecahkan delapan rekor sebagai seorang pemimpin negara.

Berikut daftarnya, dikutip dari ANTARA:

  1. Lama berkuasa

Elizabeth bertakhta selama 70 tahun dan hampir empat bulan, lebih lama dari penugasan monarki lainnya dalam sejarah Inggris. Rekor sebelumnya dipegang oleh Ratu Victoria yang berkuasa selama 63 tahun, tujuh bulan dan dua hari sampai tahun 1901.

Hingga kematiannya pada usia 96 tahun, Kamis (8/9) waktu setempat, Elizabeth adalah penguasa monarki dan kepala negara tertua di dunia.

Hanya dua raja yang berkuasa lebih lama dibandingkan Ratu Elizabeth II, yakni Louis XIV dan Prancis yang bertakhta selama lebih dari 72 tahun antara 1643-1715 dan Bhumibol Adulyadej dari Thailand yang berkuasa selama 70 tahun dan empat bulan, hingga ia meninggal pada Oktober 2016.

  1. Keliling dunia

Ratu Elizabeth II telah bepergian ke lebih dari 100 negara sejak 1952, sebuah rekor untuk penguasa Inggris, dan hadir dalam lebih dari 150 kunjungan ke negara persemakmuran. Nenek dari Pangeran William dan Pangeran Harry ini sudah mengunjungi Kanada 22 kali, lebih sering dibandingkan negara lain. Di Eropa, Prancis jadi negara yang paling sering dia datangi, yakni 13 kali. Ratu Elizabeth juga bisa berbahasa Prancis.

The Daily Telegraph memperkirakan Ratu Elizabeth bepergian dengan jarak setara dengan 42 kali keliling dunia sebelum berhenti melakukan perjalanan ke luar negeri pada November 2015 ketika usianya mencapai 89 tahun.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan