Jika Paslon Capres di Pilpres 2024 Hanya Anies dan Prabowo, Suara Keduanya Akan Bersaing Ketat

  • Bagikan
Prabowo dan Anies. (INT)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Dukungan publik pada Anies Baswedan dan Prabowo Subianto bersaing ketat. Demikian hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bertajuk “Prospek Anies Baswedan di Pilpres 2024” yang ditayangkan melalui kanal YouTube SMRC TV pada Kamis, 8 September 2022.

Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, dalam presentasinya, menunjukkan simulasi Pilpres di mana yang bertarung hanya Anies dan Prabowo. Pada kelompok pemilih yang tahu Anies dan Prabowo, Anies mendapatkan dukungan 38 persen dan Prabowo 41,5 persen. Masih ada 20,4 persen yang belum menjawab.

Deni menyatakan bahwa dukungan pada dua tokoh ini tidak berbeda signifikan secara statistic sehingga belum bisa ditentukan siapa pemenang di antara keduanya.

Survei ini dilakukan secara tatap muka pada 5-13 Agustus 2022. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah Berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Dari populasi itu dipilih secara random (stratified multistage random sampling) 1220 responden.  Response rate sebesar 1053 atau 86%. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 3,1% pada tingkat kepercayaan 95% (asumsi simple random sampling). (zak/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan