Pemakaman Ratu Elizabeth II Sudah Disiapkan Istana Buckingham, Ini Susunan Prosesinya

  • Bagikan
Kapel St George di Windsor. Ratu Elizabeth II akan dimakamkan di Kapel St George. (YouTube)

FAJAR.CO.ID, BUCKINGHAM -- Ratu Elizabeth II tutup usia pada usia 96 tahun. Prosesi acara pemakaman bakal diadakan 10 hari dari sekarang di Westminster Abbey. Susunan acara prosesi pemakaman sudah disiapkan oleh Istana Buckingham.

Jenazah Ratu saat ini berada di Balmoral, di timur laut Skotlandia. Diperkirakan jenazah akan dibawa ke kota terdekat Aberdeen, kemudian dibawa dengan Kereta Kerajaan untuk perjalanan ke selatan ke ibu kota Skotlandia, Edinburgh.

Di Skotlandia, sebagai wujud penghormatan, anggota angkatan bersenjata membuat barikade sebagai layanan darurat. Jenazah Ratu akan disemayamkan di Holyroodhouse, kediaman resmi kerajaan di Skotlandia, sebelum dilakukan perjalanan ke Royal Mile Edinburgh yang bersejarah ke Katedral St Giles. Di sana, publik akan memiliki kesempatan untuk memberikan penghormatan terakhir.

Upacara penghormatan dilakukan di ibu kota Skotlandia sebelum diberangkatkan menuju London.

Di London akan disemayamkan di singgasana Istana Buckingham sebelum ditempatkan di kereta untuk perjalanan ke Westminster Hall. Pada hari pemakaman nanti, jenazah Ratu akan dibawa ke Westminster dan lonceng Big Ben berbunyi di seluruh kota.

Ratu Elizabeth II akan dimakamkan di Memorial Raja George VI di Kapel St George di Windsor. Jenazah suaminya Pangeran Philip yang meninggal pada April 2021 akan dipindahkan dari Royal Vault agar bisa dimakamkan bersama.

Ayah Ratu, Raja George VI, dan Ibu Suri dimakamkan di tempat yang sama. Abu saudara perempuannya, Putri Margaret, yang meninggal pada 2002, juga disimpan di sana. (jpg/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan