Rahasia di Balik Umur Panjang Ratu Elizabeth II

  • Bagikan
Ratu Elizabeth II semasa hidup (AFP)

FAJAR.CO.ID -- Ratu Elizabeth II meninggal dunia di usia 96 tahun. Ia adalah pengusa Inggris terpanjang kedua setelah Raja Prancis Louis XIV dan menjadi ratu terlama selama perjalanan sejarah kerajaan Inggris yaitu 70 tahun.

Banyak orang yang kagum dengan umur panjang beliau yang begitu lama. Namun, apa saja rahasia Ratu Elizabeth II sehingga memiliki umur yang terbilang cukup panjang?

Dikutip dari Health Digest, peneliti budaya Inggris Bryan Kozlowski, yang menulis buku 'Long Live the Queen! 23 Rules for Living From Britain's Longest-Reigning Monarch' menceritakan 'rahasia' di balik hidup panjang Ratu Elizabeth II.

Ratu Elizabeth II sangat menjaga kebugaran tubuhnya. Kebiasaannya yang nyaris setiap hari dilakukan adalah olahraga seperti berkuda hingga sekadar berjalan kaki. Selain itu, pola makannya sangat teratur.

Mantan koki kerajaan Inggris, Darren McGrady, menyebutkan makanan favoritnya adalah sayur-sayuran bersama protein tanpa lemak seperti salmon, pheasant, dan daging rusa. Diketahui ia Juga gemar mengonsumsi dark chocolate. Dan menghindari makanan dan minuman yang manis-manis.

Ingatannya juga tampak tak memudar meski sudah tak lagi muda. Hal ini dikarenakan ia selalu meluangkan waktu selama berjam-jam dalam sehari untuk membaca dokumen penting baik terkait kebijakan dan masalah konstitusional.

Dikutip dari New York Post, untuk menjaga kesehatan mentalnya, ia selalu meluangkan waktu untuk dirinya sendiri, mencari ketenangan di kastil Balmoral yang disayanginya di Skotlandia. (dzul/sam)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan