Keakraban SBY dan Ratu Elizabeth II, Diundang Khusus ke Kerajaan Hingga Terima Gelar Kehormatan

  • Bagikan
SBY juga mengenang ketika melakukan kunjungan kenegaraan ke Inggris pada tahun 2012.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) turut berbelasungkawa atas wafatnya Ratu Inggris, Queen Elizabeth II pada tanggal 8 September 2022.

"Sebagai mantan Presiden Republik Indonesia, saya mengucapkan belasungkawa atas wafatnya Queen Elizabeth II pada tanggal 8 September 2022. Semoga beliau tenang dan damai di taman keabadian," tulis SBY di akun Twitter pribadinya, Sabtu (10/9/2022).

Di mata SBY, Queen Elizabeth II adalah sosok yang tangguh dan dicintai rakyatnya pada penggal sejarah pasca Perang Dunia II, selama Perang Dingin dan era-era berikutnya yang sarat dengan tantangan.

SBY dan Ratu Elizabeth II

SBY juga mengenang ketika melakukan kunjungan kenegaraan ke Inggris pada tahun 2012.

Pada kunjungan tersebut, dia beserta delegasi Indonesia merasakan keramahtamahan dan penerimaan yang sangat baik dari Queen Elizabeth II, Prince Phillip, Prince Charles dan segenap keluarga besar kerajaan.

"Saya tahu, tahun itu Inggris sangat sibuk dengan perhelatan nasional dan internasional, yaitu Diamond Jubilee of Elizabeth II kemudian The London 2012 Summer Olympics. Namun, saya beserta Ibu Negara (Almh Ani Yudhoyono) tetap diundang untuk berkunjung ke negara itu," ungkapnya.

Kunjungan kenegaraan itu sebagai penanda kuatnya hubungan bilateral Inggris dan Indonesia, termasuk komitmen kedua negara untuk berkontribusi pada kepentingan dan kebaikan dunia.

Saat itu SBY mendapatkan kehormatan menerima gelar Knight Grand Cross in the Order of Bath (GCB) dari Queen Elizabeth II di Buckingham Palace,

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan