Siap-siap, Truk Nakal Kelebihan Muatan Bakal Disita

  • Bagikan
Anggota Komisi V DPR RI Hamka B Kady

FAJAR.CO.ID, BANTEN -- Komisi V DPR RI meninjau proses pengerjaan rehabilitasi Unit Pelaksana Pengujian Kendaraan Bermotor (UPPKB) Cimanuk di Pandeglang, Banten, Jumat (9/9/2022).

Anggota Komisi V DPR RI Tubagus Haerul Jaman berharap agar proyek rehabilitasi tersebut, terutama pembangunan jembatan timbang bisa berguna untuk meminimalisir keberadaan truk-truk kelebihan muatan.

Salah satu Anggota Komisi V DPR RI Hamka Baco Kady mengatakan membangun dan memelihara jembatan timbang adalah bentuk upaya pemerintah untuk menuju zero over dimension dan over load (odol).

"Saya berharap bahwa jalan dan jembatan yang sudah dibangun oleh pemerintah, baik pusat maupun daerah diharapkan dapat bertahan lama dan sekaligus dapat mengurangi biaya perbaikan jalan," kata politisi Partai Golkar tersebut.

Hamka juga berharap pemilik kendaraan atau perusahaan transportasi yang mengoperasikan truk agar menyadari dan disiplin agar tidak terjadi over dimension dan over load.

Legislator asal Sulsel ini juga menyoroti apabila ada kendaraan yang memiliki muatan berlebih. Dia meminta agar barang tersebut disita.

"Law inforce dan diturunkan barang yang berlebih untuk digudangkan. Makanya di jembatan timbang juga akan dibangun gudang di samping jembatan timbang tersebut untuk barang yang berlebih," tutup Hamka.

UPPKB Cimanuk saat ini sedang direhabilitasi. Pekerjaan rehabilitasi tersebut sudah dimulai sejak bulan Juni tahun 2022 lalu dan diperkirakan akan rampung pada bulan November tahun 2022. 

Pagu yang dianggarkan untuk rehabilitasi ini adalah sekitar Rp7,1 miliar. Proyek ini juga turut merehabilitasi infrastruktur untuk para pekerja seperti mess, kantin, dan toilet. (dra/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan