Barcelona Kudeta Madrid, Xavi: Sensasinya Luar Biasa

  • Bagikan
Xavi Hernandez/UEFA.com

FAJAR.CO.ID, CADIZ—Barcelona mengkudeta Real Madrid dari puncak klasemen La Liga. Kemenangan 4-0 atas Cadiz membuat Raksasa Catalan yang mengoleksi poin 13 kini unggul satu angka di atas Madrid.

Tapi status pemuncak klasemen bisa berubah malam nanti. Pasalnya, Real Madrid akan menjamu Mallorca di Santiago Bernabeu.

Pada laga di Estadio Nuevo Mirandilla hari ini, Barca sempat mendapat perlawanan sengit di babak pertama. Meski sangat dominan, mereka tidak mampu menembus benteng pertahanan Cadiz.

Barca yang melakukan rotasi termasuk memarkir Robert Lewandowski baru membuka keunggulan di menit ke-55. Gol dicetak Frenkie De Jong.

Masuknya Lewandowski dan Ousmane Dembele membuat Barca kemudian bisa menghajar lawannya. Lewandowski mencetak gol kedua Barca di menit ke-65.

Setelah itu, kapten Polandia itu memberi assist untuk Ansu Fati di menit ke-86 dan Dembele pada menit ke-90+2 untuk memastikan timnya mennag 4-0.

"Ini adalah kemenangan penting di lapangan yang sulit. Tiga poin sudah cukup untuk membuat kami tetap unggul. Semua orang melakukannya dengan sangat baik. Siapa pun yang bermain tidak melihat perbedaannya. Kami dalam dinamika yang bagus. Saya senang dengan hasilnya,” kata pelatih Barca, Xavi Hernandez di MARCA.

Menurutnya, kunci kemenangan besar ini adalah gol De Jong. “Kuncinya adalah membuka kaleng. Jika (peluang) Raphinha masuk, semuanya akan berbeda,” jelasnya.

“Kami memiliki kesabaran. Tapi kami membutuhkan umpan terakhir. Secara umum, saya senang dengan hasil dan sensasinya luar biasa, tapi aku senang," tandasnya. (amr)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan