PA 212 Demo di Kawasan Patung Kuda, Polisi Amankan Dua Orang

  • Bagikan
Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin. (Royyan/ JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin mengatakan pihaknya mengamankan 2 orang yang terlibat kerusuhan demonstrasi PA 212 hari ini, Senin (12/9) di Kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat.

Komaruddin menyatakan bahwa penangkapan terhadap 2 orang tersebut karena didugan bukan dari massa aksi yang tergabung dari massa aksi yang berdemonstrasi di kawasan Patung Kuda.

“Sementara, ada dua yang sempat kita amankan. Kita lihat mereka bukan bagian dari yang sedang menyampaikan aspirasi,” ujarnya kepada wartawan di lokasi, Senin (12/9).

Ia mengatakan bahwa 2 orang yang diamankan tersebut sudah dimintai keterangan oleh pihak kepolisian. Namun begitu, pihaknya mengaku belum mengetahui secara rinci motif dari kehadiran 2 orang tersebut di lokasi.

“Tadi sempat kami amankan, kita mintai keterangan, namun masih didalami,” imbuhnya.

Komarudin menambahkan, pihaknya masih belum dapat menyimpulkan bahwa 2 orang tersebut merupakan penyusup yang sengaja ingin menimbulkan kerusuhan di tengah massa aksi yang menyampaikan aspirasi.

“Kalau dikatakan penyusup terlalu dini, tapi mungkin kita lebih ke mengantisipasi jangan sampai orang-orang yang memang bukan dari kelompoknya ikut-ikutan dan ini bisa menjadi trigger bagi jalannya aksi massa,” pungkasnya.

Sebelumnya, Komaruddin mengatakan bahwa smenurut perkiraannya ada 2000-3000 massa Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) yang berkumpul untuk melakukan unjuk rasa di Bundaran Patung Kuda.

“Jumlah massa estimasi yang saat ini sedang menyampaikan aspirasi dari KSPSI prediksi kami sekitar 2000-3000 massa,” ujarnya kepada wartawan di lokasi aksi, Senin (12/9).

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan