Inggris Masih Berkabung Pasca Ratu Elizabeth II Mangkat, Bagaimana Kabar London Fashion Week?

  • Bagikan
Ratu Elizabeth II

FAJAR.CO.ID, LONDON-- Ratu Elizabeth II mangkat pada Kamis (8/9). Perhelatan London Fashion Week, pekan mode Inggris skala dunia itu bakal digelar pada 16 September minggu ini. Akankah situasi duka cita di Inggris membuat perayaan pekan mode itu ditunda?

Sesuai protokol, ini berarti Inggris memasuki masa berkabung resmi yang akan berlangsung dari sekarang hingga tujuh hari setelah pemakaman Ratu.

Selama periode ini, dan kemungkinan setelahnya, banyak acara yang berbasis di London kemungkinan akan dibatalkan sebagai tanda penghormatan. Sementara pemakaman Ratu dan penobatan Raja baru akan diumumkan sebagai hari libur nasional.

Tapi bagaimana dengan London Fashion Week, yang jatuh langsung dalam periode berkabung nasional? Akankah London Fashion Week berlanjut?

British Fashion Council (BFC) telah mengkonfirmasi bahwa London Fashion Week memang akan berjalan sesuai rencana, meskipun secara signifikan dikurangi. Tak lama setelah berita meninggalnya Ratu, BFC merilis pernyataan resmi.

“London Fashion Week adalah acara bisnis-ke-bisnis, dan momen penting bagi para desainer untuk menunjukkan koleksi mereka pada momen tertentu di kalender mode. Oleh karena itu, pertunjukan dan presentasi koleksi dapat terus berlanjut, tetapi kami meminta para desainer untuk menghormati suasana bangsa dan masa berkabung nasional,” jelas pernyataan resmi seperti dilansir dari Elle, Selasa (13/9).

Namun, Label Burberry telah mengumumkan bahwa pertunjukan SS23-nya, yang semula direncanakan pada Sabtu 17 September, akan dibatalkan sebagai tanda penghormatan atas wafatnya sang Ratu. Pertunjukan Raf Simons juga telah dibatalkan.

  • Bagikan