‘Escape Plan’ Hacker Bjorka

  • Bagikan

Oleh: Yanuardi Syukur

Pada tahun 2013 ada film aksi thriller bagus berjudul Escape Plan. Pemainnya dua aktor legendaris: Sylvester Stallone dan Arnold Schwarzenegger.

Di film itu, ada satu kutipan yang menarik: "A successful breakout depends on three things: knowing the layout, understanding the routine and help, from outside or in."

"Sebuah pelarian yang sukses tergantung pada tiga hal: mengetahui tata letak, memahami rutinitas dan bantuan, dari luar atau dalam."

Kunci lari dari penjara, menurut "rumus" itu adalah: tahu tata letak, paham rutinitas dan adanya bantuan (dari luar atau dalam).

Belakangan ini sedang ramai orang membincangkan hacker Bjorka. Tidak jelas asalnya dari mana, saking tidak jelasnya, ada yang bilang: "IP-nya di laut, tapi orangnya di gunung." Bjorka memposting informasi personal beberapa elite Indonesia. Sebagian info itu orang sudah tahu sebab banyak kok informasi yang tersebar di media, tapi sebagian lagi tidak semua tahu.

Kehebatan Bjorka sangat mungkin karena dia tahu tiga hukum di atas. Dia tahu tata letak, rutinitas dan adanya bantuan. Dia telah pelajari bagaimana sistem keamanan siber kita, dia tahu rutinitas sistem dan pengelolanya seperti apa dan adanya "bantuan" dari dalam atau luar--merujuk pada film Escape Plan tersebut.

Menkopolhukam Prof. Mahfud MD mengatakan pada Rabu (14/9/2022): "…dengan adanya aksi ini, pemerintah akan bekerja maksimal dalam melindungi data. Pemerintah berjanji akan menjadikan peristiwa ini sebagai pengingat." Sebagai pengingat tentu saja harus ada aksi serius untuk betul-betul memastikan keamanan siber kita bagus.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan