Hamka B Kady Dorong Angkasa Pura Konsisten Libatkan UMKM, Bukan Membentuk Anak Usaha Baru

  • Bagikan
Anggota Komisi V DPR Hamka B Kady

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi V DPR RI, Hamka B Kady mendorong komitmen dan konsistensi Angkasa Pura Airports dalam meningkatkan sinergi dan kolaborasi dengan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebagai bentuk kontribusi terhadap peningkatan perekonomian daerah.

Menurut Hamka, pengembangan bandara di Indonesia cukup agresif ditambah dengan pemulihan ekonomi yang sudah bangkit sehingga tahun depan potensi untuk mendapatkan PNBP diprediksi akan tinggi. Artinya iklim industri penerbangan di 2023 akan kembali pulih dan diharapkan dapat meningkat dari segi pendapatannya.

Saat pandemi lalu, jelas Hamka, umumnya menurun tapi tidak terlalu signifikan. Meskipun pendapatannya minus tapi masih bisa bergerak. Melihat perkembangan ekonomi yang semakin baik, ke depan diharapkan industri penerbangan bisa semakin maju lagi.

"Khusus UMKM, semua bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura I dan II, apabila ingin mengoperasikan bandara paling tidak melibatkan usaha kecil menengah," ujar Legislator Golkar asal Sulsel tersebut ditemui di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (14/9/2022).

Diharapkan Angkasa Pura I dan II dalam membangun dan mengoperasikan bandara hendaknya mengutamakan mitra kerjanya yakni pengusaha kecil dan menengah atau UMKM.

"Bukan membentuk anak perusahaan sehingga mempersempit kesempatan bagi UMKM," tegasnya.

Sebagai badan usaha yang beroperasi di tengah masyarakat, Angkasa Pura Airports memiliki kewajiban tanggung jawab sosial terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar. Komitmen terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kelestarian lingkungan merupakan kunci bagi keberlanjutan bisnis di mana para pemangku kepentingan mendapat manfaat dari keberlangsungan bisnis perusahaan.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan