PPATK Blokir Rekening Lukas Enembe Bernilai Puluhan Miliar, Alexander Marwata: Nilainya Memang Fantastis

  • Bagikan
Gubernur Papua Lukas Enembe

Penetapan tersangka kepada tiga orang itu karena adanya komplain dari masyarakat. Lembaga Antikorupsi selalu mendengar keluhan itu kalau bertandang ke Papua.

"Beberapa kali pimpinan KPK ke Papua, dan selalu mendapat komplain dari masyarakat, pegiat antikorupsi dan pengusaha, seolah-olah KPK itu tidak ada kehadirannya di Papua," ujar Alex.

Namun, Alex masih enggan memerinci lebih lanjut konstruksi perkara yang menjerat Lukas. Kasusnya diyakini dugaan penerimaan suap dan gratifikasi terkait pembangunan infrastruktur di Papua.

"Kami tidak tinggal diam, kami berkoordinasi dengan berbagai pihak dan terutama juga dari informasi masyarakat," tutur Alex.

Total Rp61 Miliar

Gubernur Papua Lukas Enembe sudah dicegah tangkal (cekal) oleh KPK.

Tak hanya dicekal, rekening milik Gubernur Papua Lukas Enembe juga telah diblokir oleh Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Pemblokiran rekening tersebut sudah dilakukan sejak bulan lalu. PPATK telah menginstruksikan kepada sejumlah bank di Papua untuk menghentikan transaksi keuangan Lukas Enembe.

Kabarnya, uang yang terdapat dalam sejumlah rekening milik Lukas Enembe yang diblokir tersebut mencapai Rp 61 miliar.

Kepala PPATK Ivan Yustiavandana membenarkan soal pemblokiran rekening tersebut.

Menurutnya, pemblokiran telah dilaksanakan sesuai aturan yang berlaku.

"Sudah dilakukan pemblokiran terhadap rekening milik RE. PPATK melaksanakan sesuai aturan yang ada," ujar Ivan Yustiavandana pada Senin, 12 September 2022.

Seperti diketahui, KPK memanggil Lukas Enembe untuk diperiksa di Mako Brimob Polda Papua pada Senin, 12 September 2022.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan