Upaya Wujudkan Ruang Digital Aman, Instagram Luncurkan Fitur Pengawasan untuk Anak

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (Kemenpppa) bekerjasama dengan Meta Indonesia hadirkan fitur pengawasan untuk anak. 

Hal ini bertepatan dengan peluncuran kampanye #AnakIndonesiaAmanDigital bukti komitmen Meta Indonesia dalam berkontribusi untuk pemenuhan hak dan perlindungan terhadap anak Indonesia.

Head of Instagram Policy Programs Asia Pacific Tara Bedi mengatakan peluncuran fitur pengawasan merupakan sebuah upaya untuk membangun pengalaman yang positif saat menggunakan Instagram, seperti manajemen waktu, filter komentar, filter perundungan dan lainnya.

"Fitur Pengawasan di Instagram yang kami luncurkan hari ini didesain agar orangtua bisa membangun transparansi dengan anak mereka perihal pemakaian Instagram," ujar Tara dalam peluncuran #AnakIndonesiaAmanDigital di Jakarta, Selasa, (13/9/2022).

Fitur Pengawasan di Instagram kata Tara, adalah fitur yang memungkinkan orang tua untuk menghubungkan akun Instagramnya dengan akun anak. 

Setelah kedua akun terhubung, orang tua bisa mengatur durasi waktu pemakaian Instagram untuk anak, melihat daftar akun-akun yang diikuti, dan orangtua juga akan mendapat notifikasi jika anak mereka melaporkan sebuah akun atau konten di Instagram atas alasan tertentu.

Di aplikasi milik orangtua, Instagram akan memberikan konteks lebih lanjut mengenai laporan yang dibuat anak dan menyediakan tautan ke Pusat Edukasi Instagram tentang bagaimana bisa membicarakan isu tersebut dengan anaknya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan