Dinilai Prematur, PN Makassar Tolak Gugatan Rp100 Triliun Terhadap Antara, RRI, dan 4 Media Lainnya

  • Bagikan
Hakim PN Makassar saat membacakan putusan. (Foto: Antara)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Pengadilan Negeri (PN) Makassar menolak gugatan perdata senilai Rp100 trilun terhadap enam media, yakni Antara, Terkini News, Celebes News, Makassar Today, Kabar Makassar dan RRI. Putusan tersebut dibacakan langsung oleh Ketua Majelis Hakim, Jahoras Siringo Ringo, Rabu, (14/9/2022).

Kuasa hukum tergugat IV (Makassar Today) dan tergugat V (Kabar Makassar) Syamsul Asri mengatakan, kemenangan pihaknya merupakan bukti bahwa pengadilan tetap menghargai kebebasan pers.

“Intinya majelis hakim dalam perkara ini telah memeriksa dan menyidangkan perkara dengan sangat cermat dan teliti, dan putusan yang disampaikan oleh majelis merupakan putusan yang adil dan sesuai dengan hukum,” jelas Syamsul kepada Fajar, Kamis (15/9/2022).

Kata Syamsul, putusan hakim yang menerima eksepsi dari pihaknya bahwa gugatan penggugat prematur merupakan bukti hakim berlaku cermat dan adil.

“Eksepsi kami mengatakan, gugatan penggugat itu prematur karena seharusnya menempuh dulu mekanisme pers, yaitu hak jawab dan hak koreksi,” ungkap Syamsul.

Dalam putusannya, Majelis Hakim Jahoras Siringo Ringo serta Anggota Majelis, Rusdiyanto Loleh dan Angeliky Handajani Day menyebutkan, fakta persidangan tidak ditemukan bukti bahwa penggugat menggunakan hak koreksi atau hak jawab.

"Maka mengenai dalil-dalil substansi mengenai pokok perkara tidak perlu lagi dipertimbangkan atau belum cukup waktu diputuskan, karena penggugat belum menempuh penyelesaian sengketa jurnalistik atau sengketa pers sebagaimana diatur UU Pers sebagai Lex Spesialis," kata Ketua Majelis Hakim.

  • Bagikan