Gedor Semangat Mahasiswa, Andi Amran Sulaiman: Mau Sukses? Muliakan Ibumu!

  • Bagikan
Andi Amran Sulaiman

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Bukan berasal dari keluarga serba ada, masa kecilnya diselimuti pedih dalam kesederhanaan. Kini buah dari pantang menyerah dan kerja keras berhasil ia raih. CEO Tiran Group Andi Amran Sulaiman telah membuktikan bahwa kerja keras tak pernah mengkhianati hasil. Pedihnya kemiskinan menggenjot dirinya mengubah nasib.

Hidup mengajarkannya menjadi petarung dan bermimpi besar. Kala itu hanya ada dua pilihan, tertekan atau tertantang. Tidak ada jaminan untuk membalikkan keadaan pedih itu, yang ada hanyalah kesempatan.

"Kami sudah kenyang hidup serba kekurangan dan terbatas. Namun keterbatasan ekonomi itu tidak membuat saya ciut dan mengeluh. Orang besar pasti bermimpi besar. Mustahil anda mau jadi orang besar tapi bermimpi sekadarnya," tutur Amran di atas podium Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Kamis (15/9/2022).

Di hadapan ratusan mahasiswa KKN Reguler UIN Alauddin Makassar Angkatan ke 69 dan 70 tahun 2022, Menteri Pertanian periode 2014-2019 itu menggedor semangat juang para penerus bangsa untuk tidak mudah menyerah dalam keadaan sesulit apapun.

Amran membeberkan kunci suksesnya justru terletak pada restu ibu dan bapakanya. Itu hal utama yang harus dipegang manusia manapun. Baginya, orang tua adalah wakil Tuhan di dunia, sehingga tidak salah ada istilah yang menyebut Surga di Bawah Telapak Kaki Ibu. Ridha Allah terletak pada ridha orang tua.

"Kunci sukses saya simpel tapi sulit. Pertama dan yang utama jangan durhaka pada ibumu, ikhlas dalam melakukan segala hal positif jangan pernah menggerutu atau mengeluh," tegasnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan