Harga BBM Naik, Begini Respons Megawati Soekarnoputri

  • Bagikan
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri merespons kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. (Istimewa)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri merespons kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Menurut Megawati, langkah pemerintah sudah tepat.

“Sebenarnya masalah BBM itu, kalau kita pelajari dengan baik, memang ya itu malah memberikan sebuah kesempatan. Bagaimanapun juga kita kan tak bisa (mempertahankan harga lama),” kata Megawati dalam keterangannya, Kamis (15/9).

“Kalau nanti tidak dinaikkan, lalu situasi kondisinya malah menjadi lebih sulit, lalu bagaimana?” sambungnya.

Ketua Umum PDIP itu meyakini pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin tidak mudah memutuskan hal tersebut. Terlebih Megawati pernah menjadi presiden.

“Ini bukannya karena kebetulan presiden, Pak Jokowi itu adalah presiden yang diusung oleh PDI Perjuangan ya. Saya tahu juga nanti bisa sampai dibawa-bawa urusan PDI Perjuangan. Tapi situasi ini kan tentunya tidaklah begitu gampang, tidak asal-asalan saja BBM dinaikkan,” beber Megawati.

Megawati mengatakan, keputusan tersebut sudah dipertimbangkan secara matang oleh pemerintah. Karena itu, Megawati merasa heran masih ada yang tidak mau memahami kondisi saat ini.

Megawati membeberkan kondisi nasional saat ini sedang berat. Setelah dilanda pandemi Covid-19, kini dihadapkan dampak perang Rusia-Ukraina.

“Jadi jangan justru dibalik ya bahwa memang Covid ini juga seperti sebuah pertimbangan yang tidak mudah, apakah dilepas saja? Tapi kan nanti (kalau dilepas), yang kena juga rakyat, artinya kan bisa makin banyak yang menderita. Kan begitu antara lain pertimbangan-pertimbangannya,” urai Megawati.

  • Bagikan