Hati-hati Memilih Pasangan Hidup, Gus Baha Ingatkan Jangan Terperdaya Kecantikan

  • Bagikan
Ilustrasi pernikahan

FAJAR.CO.ID - Ulama ahli tafsir KH Ahmad Bahauddin Nursalim dalam perspektifnya tentang mencari pasangan hidup mengatakan, harus betul-betul melihat dan memikirkan secara matang ketika hendak memilih perempuan.

"Seseorang misalnya senang sama satu perempuan, ketemu rivalnya, langsung perang, kan gak mikir. Tapi kalau kamu sempat mikir, diangan-angan perempuan itu tidak suka saya. Untungnya apa dapat cantik tapi tidak suka. Malah sakit hati. Sudahlah, buruan dialihkan kemana kan begitu," ujar yang karib disapa Gus Baha itu pada potongan videonya di akun instagram @ngajigusbaha.

Gus Baha menerangkan, kalau cuma tukaran lewat WA/SMS atau tarung langsung itu tidak akan sempat mikir. Tapi kalau sempat mikir, akhirnya berpikir. Perempuan yang tadi sebenarnya yang disuka siapa?.

"Oke, ternyata suka lainnya, ya sudah kita ngalah. Karena tidak ada nikmatnya menikahi perempuan yang sama sekali tidak mencintai kita. Tapi kalau tidak sempat mikir, kena provokasi wah kamu kalah sama A, B. Pikirannya kan, jangan sampai kalah. Ketika menang, ternyata tidak maslahat," tandasnya.

Perihal jodoh, dalam Al Quran Allah berfirman:

اَلْخَبِيْثٰتُ لِلْخَبِيْثِيْنَ وَالْخَبِيْثُوْنَ لِلْخَبِيْثٰتِۚ وَالطَّيِّبٰتُ لِلطَّيِّبِيْنَ وَالطَّيِّبُوْنَ لِلطَّيِّبٰتِۚ اُولٰۤىِٕكَ مُبَرَّءُوْنَ مِمَّا يَقُوْلُوْنَۗ لَهُمْ مَّغْفِرَةٌ وَّرِزْقٌ كَرِيْمٌ - ٢٦

Perempuan-perempuan yang keji untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji untuk perempuan-perempuan yang keji (pula), sedangkan perempuan-perempuan yang baik untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik untuk perempuan-perempuan yang baik (pula). Mereka itu bersih dari apa yang dituduhkan orang. Mereka memperoleh ampunan dan rezeki yang mulia (surga). (QS An Nur ayat 26).

  • Bagikan