Iming-iming jadi Artis, Tertipu Ratusan Juta

  • Bagikan
Polresta Samarinda beberkan kasus penipuan yang dilakukan Ricky dengan modus mengaku sebagai agensi artis hingga tibu korbannya sebesar Rp 600 juta. Foto : Arditya Abdul Aziz/JPNN.com

FAJAR.CO.ID, SAMARINDA -- Seorang warga Samarinda bernama Rita Fitriawati tertipu hingga ratusan juta. Pelaku seorang pria asal Jakarta yang sudah ditangkap jajaran Satreskrim Polresta Samarinda pada Minggu (11/9) lalu.

Kapolresta Samarinda Kombes Ary Fadli mengungkap pelaku yang bernama Ahitanov Lanza alias Ricky (30) ditangkap di kediamannya di Jalan Kalianyar, Kecamatan Tambora, Jakarta Selatan.


Dalam melancarkan aksinya, pelaku mengaku dari pihak agensi yang dapat mengorbitkan seseorang menjadi artis maupun model.

Kasus penipuan ini terungkap setelah korban yang mengalami kerugian hingga ratusan juta itu melaporkannya ke polisi.

"Saat diamankan pelaku mengakui perbuatannya menipu korban," kata Kombes Ary saat menggelar konferensi pers di Mako Polresta Samarinda, Kamis (15/9) sore.

Perwira menengah Polri itu mengungkapkan kronologi penipuan terjadi yang berawal ketika korban Rita Fitriawati mengantarkan sang anak bernama Tiara mengikuti pentas bernyanyi di kawasan Monas pada awal 2021 lalu.

Setelah mengikuti acara tersebut, keesokan harinya Ricky menghubungi orang tua korban melalui DM di Instagram.

Kepada Fitriawati, pelaku menawarkan Tiara untuk mengikuti casting iklan di salah satu toko online terkemuka.

Tawaran dari Ricky disetujui oleh korban. Jadwal casting pun dilakukan berselang enam bulan kemudian, tepatnya di kawasan Tanjung Duren, Jakarta Barat.

"Saat itu korban mengantarkan anaknya dari Samarinda ke Jakarta Barat untuk melakukan sesi pemotretan," ungkap Kombes Ary.

Dua hari setelah melakukan casting iklan itu, korban yang sudah kembali pulang ke Samarinda kembali dihubungi pelaku.

  • Bagikan