Jenderal Dudung Abdurachman Maafkan Effendi Simbolon, Berikut Pernyataannya

  • Bagikan
KSAD Jenderal Dudung Abdurachman saat di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (6/6). Foto: Ricardo

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman telah memaafkan anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon terkait ucapannya yang menyebut TNI seperti gerombolan.

Menurut Dudung, manusia harus saling memaafkan. Karena itu, Dudung semmua pihak tidak lagi membesar-besarkan polemik tersebut.

Dudung juga memerintahkan anak buah agar berhenti memprotes Effendi Simbolon.

Hal itu disampaikan Dudung di Mabes AD, Jakarta Pusat, pada Kamis, 15 September 2022.

Berikut pernyataan lengkap Jenderal Dudung Abdurachman terkait permintaan maaf Effendi Simbolon:

Assalamualaikum wr wb. Selamat siang, salam sejahtera, Shalom Om Swastiastu namo buddhaya, salam kebajikan.

Rekan-rekan media yang saya hormati perlu kiranya hari ini saya menyampaikan press conference setelah Pak Effendi Simbolon menyampaikan permohonan maaf. Sebetulnya kemarin pada saat saya di Pekanbaru saya sudah menyampaikan, artinya bahwa permohonan maaf dari Pak Effendi Simbolon bagi kami jajaran TNI Angkatan Darat tentunya memaafkan. Toh Tuhan maha pemaaf, masa manusia tidak memaafkan, kami juga memaafkan, manusia tidak terlepas dari kekhilafan, kesalahan ya itulah pada dasarnya manusia tidak sempurna.

Namun tentunya ini menjadi pelajaran bagi kita semua untuk tidak mudah menyampaikan pendapat atau pun perkataan yang tidak didasari dengan data dan fakta yang akurat sehingga berakibat kepada tidak baik kepada TNI. Saya menyadari bahwa perasaan prajurit di lapangan memang selama ini kita tahu mereka setiap saat berkeringat yang melaksanakan tugas-tugas operasi di Papua, di Poso, di perbatasan NTT Kalimantan. Tiap hari dia berkeringat dan taruhannya adalah nyawa walaupun mereka tinggalkan anak istrinya. Ini harus disadari karena saya tahu persis kondisi saat ini dengan segala macam keterbatasan yang ada di prajurit. Saya cek beberapa satuan dan beberapa gugus operasi termasuk di daerah operasi yang kekurangan masalah, masalah materiil, termasuk kesulitan-kesulitan di daerah operasi. Saya cek dan saya tahu persis bagaimana kondisi mereka.

  • Bagikan