Mesin Mobil Sering Mati Tiba-tiba, Ini Penyebabnya

  • Bagikan
Ilustrasi perawatan mesin mobil. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Pemilik ataupun pengendara mobil hampir pasti mengalami yang namanya kesini mobil mati tiba-tiba. Hal itu bisa saja disebabkan oleh banyak faktor. 

Mobil yang yang mengalami mogok atau mesin mati secara tiba-tiba biasanya kurang mendapat perhatian dari pemilik atau jarang mendapatkan servis secara berkala.

Akan tetapi, bukan cuman itu saja yang bisa membuat mobil mogok atau mati secara tiba-tiba. Banyak faktor ataupun penyebab yang bisa membuat mobil mengalami hal tersebut. 

Dikutip dari Auto2000, Rabu 14 September 2022 umumnya penyebab mobil tiba-tiba mati yakni ada komponen yang sudah aus maka turun mesin perlu dilakukan. Selain itu penyebab tersebut beragam, dan penting untuk diketahui.

Penyebab pertama ialah kehabisan bahan bakar. Walau indikator bensin di kabin menunjukkan batas aman, tidak ada salahnya memastikan langsung dengan membuka tangki bensin dan mengeceknya. 

Jika bensin kosong, berarti itu penyebab mesin mobil mati mendadak. Kemungkinan juga indikator bensin bermasalah dan perlu diperbaiki. 

Selanjutnya adalah alternator sedang bermasalah Diketahui, komponen tersebut berfungsi sebagai penyuplai listrik ke aki. Bila komponen ini bermasalah, aki menjadi tidak bisa diisi. Akibatnya, mesin mobil mati mendadak lantaran tidak adanya pasokan listrik yang tersedia.

Yang ketiga adalah masuknya air ke dalam mesin. Biasanya hal ini bisa terjadi ketika berada di wilayah banjir. 

Seperti yang diketahui mesin tidak boleh terkena air lantaran dapat mengganggu kinerja berbagai komponen. Air bisa masuk ke dalam ruang bakar dan mengakibatkan kekacauan yang parah. 

  • Bagikan