Sebut TNI sebagai Gerombolan Ormas, Effendi Simbolon Minta Maaf

  • Bagikan
Effendi Simbolon. Foto: Ricardo/JPNN.com

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Desakan para prajurit TNI Angkatan Darat (TNI-AD) agar anggota Komisi I DPR Effendi Simbolon meminta maaf akhirnya terwujud. Politikus PDIP itu menyampaikan permohonan maaf secara terbuka terkait dengan pernyataannya yang menyebut tentara seperti gerombolan ormas.

Ketua Fraksi PDIP DPR Utut Adianto bersama Effendi Simbolon mengadakan konferensi pers di gedung DPR kemarin (14/9). Effendi menjelaskan bahwa pernyataan terkait dengan TNI yang diibaratkan gerombolan ormas itu disampaikannya saat rapat komisi I dengan Kementerian Pertahanan (Kemenhan), panglima TNI, dan para kepala staf.

Saat itu temanya adalah pembahasan anggaran 2023 dan isu-isu aktual. Saat membahas isu-isu aktual, dia menyampaikan masalah disharmoni di antara pimpinan TNI. Sebab, saat itu KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman tidak hadir. ”Kami ingin meminta penjelasan soal masalah hubungan yang tidak harmonis,” ujarnya.

Ketika itu dia menyebut TNI sebagai gerombolan ormas. Ternyata ada pihak yang tersinggung dengan perkataan yang dia sampaikan. Effendi menegaskan bahwa tidak ada maksud untuk menstigma TNI sebagai gerombolan ormas. Dia pun meminta maaf terkait dengan ucapannya yang menyinggung para prajurit TNI.

Di sisi lain, TNI-AD menyampaikan bahwa keterangan yang disampaikan Effendi dalam rapat kerja komisi I awal bulan lalu harus menjadi pelajaran bagi semua pihak. ”Pelajaran untuk semuanya dalam berucap dan bersikap,” tutur Kepala Dinas Penerangan TNI-AD Kolonel Arh Hamim Tohari saat dimintai konfirmasi Jawa Pos. Dia menuturkan, semua pihak harus bisa saling menghormati dan menghargai.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan