Anies Baswedan Siap Jadi Capres 2024, Gilbert Simanjuntak PDIP: Mungkin Ada Partai Lain yang Berminat

  • Bagikan
Dari kiri, Presiden Joko Widodo, Ketua DPR Puan Maharani, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Istimewa)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Fraksi PDI Perjuangan, Gilbert Simanjuntak menanggapi pernyataan Gubernur Anies Baswedan yang siap menjadi calon presiden (capres) pada 2024 mendatang.

Gilbert menilai pernyataan Anies tersebut tidak salah, tetapi dia ragu ada partai yang mau mengusung mantan Rektor Universitas Paramadina itu.

“Saya kira itu keputusan yang baik dan haknya. Nanti kita lihat apakah ada partai yang mau menerima,” ujar Gilbert saat dihubungi, Jumat (16/9).

Menurut dia, partai politik cenderung mengusung kadernya untuk maju sebagai calon kepala negara termasuk untuk Pilpres 2024.

“Selayaknya mereka yang berkeringat membangun partai yang biasanya dicalonkan. PDI Perjuangan lebih melihat rekam jejak, dedikasi, dan kinerja. Mungkin ada partai lain yang berminat,” kata dia.

Mantan Wakil Rektor Universitas Kristen Indonesia (UKI) ini menambahkan partai politik seharusnya melihat kinerja sebelum mengusung Anies.

“Itu akan membuktikan apakah kinerjanya selama jadi gubernur memang layak jadi presiden atau tidak, lewat pilihan rakyat,” tuturnya.

Sebelumnya. Gubernur Anies Baswedan menyatakan siap untuk maju sebagai calon presiden pada pemilu 2024 mendatang.

Anies menyatakan siap maju dalam kontestasi Pilpres 2024 meski saat ini belum didukung dan bergabung dengan partai mana pun.

“Saya siap maju sebagai presiden bila ada partai yang mengusung,” ucap Anies dikutip dari Reuters Singapura, Jumat (16/9). (jpnn/fajar)

  • Bagikan