Berkali-kali Rombak Direksi, Hanya Satu Perusda Makassar Setor Dividen

  • Bagikan
Grafis Perusda Makassar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Direksi perusahaan daerah atau perusda di Kota Makassar sudah berkali-kali dirombak. Terutama ketika pergantian wali kota. Namun, hingga pertengahan September 2022, baru satu Perusda yang menyetor dividen ke Pemkot Makassar.

Enam Perusda Makassar ditargetkan menyetor keuntungan untuk menopang kas daerah. Namun hingga Kamis, 15 September 2022, baru satu perusda yang menyetor dividen, yakni PD Pasar Makassar Raya.

Hal yang sama kembali terulang. Pada 2021, Perusda melakukan keterlambatan dalam setoran dividennya.

Kepala Bidang Anggaran BPKAD Makassar, Idham mengatakan, lima perusda nihil setoran. "Mereka anggap masih rugi. Artinya, keuntungan untuk membiayai operasionalnya mereka dahulu," ujarnya, kemarin.

Idham menyebut, jajaran direksi Perusda yang baru dua bulan berjalan membutuhkan waktu berbenah. Hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa hingga pertengahan September 2022, baru satu Perusda yang menyetor dividen.

"Makanya baru pada 2023, mereka setor dividen," imbuh dia.

Beberapa Perusda dalam rapat bersama Banggar DPRD Makassar beberapa waktu lalu, mengaku masih mencari metode terbaik. Misalnya, PD Parkir masih menelaah secara detail pembagian parkir tepi jalan dan usaha kerja sama dengan titik-titik lokasi usaha ramai parkir.

"Tujuan pembahasan di Banggar waktu itu untuk mengetahui persoalan dan masukan. Sudah banyak dukungan penyertaan modal, tetapi belum ada yang kembali atau menguntungkan. Dengan Perusda menjadi Perseroda, itu diharapkan lebih fleksibel. Investor dari luar, bisa membantu," sambung Idham.

  • Bagikan